Career Path di Industri Kreatif Seni dan Ilustrasi

Hai hai! Di blog post kali ini saya akan sharing sekalian merangkum untuk diri sendiri, tentang macam-macam karir path kalau kamu berniat mencari ikigai di bidang kreatif.

Editorial

Untuk majalah, koran, bisa online ataupun offline, dan jenis publikasi yang sifatnya untuk jangka waktu tertentu. Misalnya koran berarti harian, majalah bisa mingguan dan bulanan, dan sebagainya.

Katanya sih, karena perputarannya yang cepat itu (bulanan hingga bisa harian), editorial adalah pintu yang tepat kalau kamu mau masuk ke dunia ilustrasi.

Yang perlu dilakukan:

  1. Bikin contoh ilustrasi editorial apapun. Bisa untuk sebuah artikel, bisa buat blog post, infografik, dll.
  2. Posting online, di sosial media atau blog.

Pengalaman pribadi saya, dari posting itu akan ada yang liat ilustrasi kita dan akan kontak bila tertarik. Bahkan, kadang ada yang comot hasil ilustrasi kita tanpa izin hahaha.. kalau ketemu bisa langsung kamu jadiin story atau jadiin post sekalian. Anggap aja biaya ngiklan. Hehe.

Buku cerita

Yang paling banyak diminati adalah buku cerita anak. Awal mula aku suka ilustrasi sebenarnya ingin menjadi ilustrator buku. Kemudian, semakin mengikuti kelas ini itu dan mencoba bikin portfolio.. baru sadar ternyata membuat buku cerita ga semudah itu. Banyak elemen-elemen di dalamnya.

Buatku, yang paling susah adalah jangka waktu pengerjaannya yang lama karena mesti komprehensif, ga cuma karakter, tapi juga backgroundnya.

Akhirnya, aku belum kesampaian membuat buku cerita apapun. Hopefully, nanti akan tiba waktunya.

So,, untuk menjadi ilustrator buku cerita, yang pertama adalah kamu mesti menyukai ceritanya karena kamu bakal terjun ke ilustrasi itu dalam waktu berhari-hari hingga berbulan-bulan.

Kamu juga mesti serba bisa, mulai dari ekspresi karakter, background, dll, yang berbeda dari ilustrasi jenis lainnya yang biasanya hanya satu elemen. Misalnya, poin pertama tadi untuk gambar infografis, kamu perlu membuat ilustrasi tertentu saja untuk menyelesaiknnya.

Surface pattern design

Ini sempat aku bahas di blog post sebelumnya. Ngebayanginnya fun ya, membuat ilustrasi kita infinite. Tapi ternyata sulit.

Stock vector

Merchandise

Logo

Tinggalkan komentar