Analisis Affinity dan Canva Versus Procreate

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel kemarin yang ga sanggup saya selesain kemarin.

Mengapa Procreate bisa bertahan dengan one time subscription?

Simak video mulai menit ke delapan disini:

Procreate adalah sebuah aplikasi menggambar yang diluncurkan pada tahun 2011. Keunikan Procreate dibanding pesaing yang lain karena fokusnya yang sangat kuat untuk perangkat iPad.

Saya pernah baca entah dimana kalau Procreate mendapatkan semacam kompensasi dari Apple. Saat itu saya ga terlalu tertarik jadi ga terlalu ingat juga detailnya, ya. Entah karena jumlah downloadnya atau karena Procreate khusus membuat aplikasi di Apple. Khususnya iPad.

Kemudian, Procreate leading di bidang software untuk menggambar di iPad dan dia memang fokusnya udah di iPad aja. Sehingga, dia bisa memaksimalkan potensi iPad sebesar mungkin untuk aplikasi Procreate.

Di satu sisi, ini menjadi satu kekurangan karena bila dibanding dengan beberapa aplikasi lain, seperti Adobe dengan Photoshop dan Fresco-nya, kamu bisa gambar di iPad lalu lanjut di desktop dan sebaliknya. Sedangkan di Procreate tidak bisa karena ia tidak punya aplikasi untuk desktop.

Akan tetapi, karena dia itu udah di iPad aja udah bagus banget, justru membuat orang-orang merasa ga perlu langganan Adobe kalau memang cukup untuk kegiatan menggambarnya dia. Bahkan ada loh ilustrator profesional yang bikin karyanya di iPad aja.

Alasan selanjutnya adalah Procreate itu sama seperti Adobe yang nge-leading di bidangnya sendiri. Orang-orang juga banyak yang memilih beli iPad dibanding tab lain, seperti Samsung tab dll ya karena di iPad ada aplikasi Procreate-nya.

Di forum-forum di dunia ilustrasi itu aku sering baca orang-orang yang beli iPad supaya bisa gambar di aplikasi Procreate. Nah, itu juga mungkin menjadi kompensasi tertentu ya dengan Apple. Jadi si Procreate ini punya pemasukan lain selain dari pembeli aplikasinya.

Ohya, pada 22 November 2023, Procreate sudah merilis aplikasi baru bernama Procreate Dreams yang merupakan aplikasi yang berfokus ke animasi. Harga one time purchasenya bisa dibilang murang dibanding aplikasi lain (apalagi ini one time purchase loh) di harga $19.99. Agak beda dengan Adobe Fresco yang menggabungkan animasi di Fresco, Procreate merilis aplikasi sendiri untuk animasi. Meskipun sebenarnya di dalam Procreate sendiri kita sudah bisa membuat animasi sederhana yang frame-by-frame. Aku sendiri belum coba Procreate Dreams ini karena masih banyak project yang harus dikerjakan di 2024 ini hahaha.

Sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan semakin berkualitas. See you soon!

Tinggalkan komentar